• SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3
  • Wanna be better!

Kisah Imam Syafi’i. Kisah yang menarik untuk dikisahkan kepada anak-anak

Yogyakarta – 2022.

Perdana, Kelas 3D Ammar bin Yasir, kelas yang sering disebut 3 D’Best, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta melaksanakan Pengajian Tunas Mentari. Kali ini, pengajian dilaksanakan di rumah Bapak Wagiran, sebagai orang tua siswa Andika dan Andara yang berada di daerah Pereng Dawe, Bale Catur, RT 01/022 Gamping, Sleman. Pengajian dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 3 September 2022 mulai pukul 08.00 WIB sampai kurang lebih pukul 10.30 WIB.

Dengan menggunakan dresscode hitam-putih, seluruh siswa kelas 3D beserta orang tua siswa mulai berdatangan di tempat pengajian. Mereka sangat antusias untuk mengikuti pengajian kali ini, karena sudah hampir 3 tahun tidak dilaksanakan pengajian tunas mentari. Beberapa siswa tampak datang bersama dengan bundanya, namun beberapa siswa tampak datang bersama dengan ayahnya. Wajah lugu dan ceria terlihat jelas saat mereka bertemu dengan teman-temannya yang sudah datang duluan.

Tidak berselang lama, Puteri dan Dzaky yang bertugas selaku pembawa acara mulai membuka acara. Suara kas dari mereka berdua membuat suasana menjadi tenang dan anak-anak fokus terhadap susunan acara. Mereka berkolaborasi dengan cukup apik dalam membuka acara. Acara dibuka dengan bersama-sama membaca bacaan basmallah yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan anak-anak kelompok 1 yang menampilkan hafalan surat pendek dan lagu yang berjudul “Lagu Untuk Mama”. Acara pun dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Septa Rismanto sebagai guru kelas 3D.

Dalam sambutannya, pak Septa menyampaikan ucapan terima kasih kepada kelompok 1 orang tua siswa yang telah berusaha sekuat tenaga untuk menyelenggarakan pengajian tunas mentari kali ini. Tak lupa juga beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga Bapak Wagiran, selaku tuan rumah yang sudah bersedia menjadi tempat perdana pelaksanaan pengajian tunas mentari. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan tentang beberapa informasi sekolah kepada orang tua siswa.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari tuan rumah, Bapak Wagiran. Dalam sambutannya, beliau merasa bahagia bisa bertemu dengan seluruh siswa kelas 3D beserta orang tua siswa. Beliau juga menyampaikan pesan kepada pemateri agar memberikan motivasi kepada anak-anak 3D dalam rangka persiapan menghadapi PTS yang akan dilaksanakan.

Acara pun dilanjutnya dengan pengajian inti. Materi pengajian kali ini disampaikan oleh Bunda Lika yang mengambil tema tentang kisah Imam Syafi’i. Di awal pengajian, Bunda Lika mengajak anak-anak untuk bermain hingga akhirnya beliau mengajak keluar teman bonekanya. Boneka Bunda Lika diberi nama, Liku biar jadi Lika Liku kata beliau. Kisah Imam Syafi’i beliau sampaikan dengan detail kepada anak-anak. Mulai dari lahirnya, remaja hingga dewasa. Anak-anak pun sangat antusias mengengarkan kisah yang disampaikan Bunda Lika, karena dibalut dengan candaan dan beberapa permainan singkat. Apalagi saat Bunda Lika menyinggung tentang adanya hari akhir dan penerimaan catatan amal manusia. Diakhir kisahnya, Bunda Lika mengajak anak-anak untuk bermain sulap. Ada beberapa sulap yang beliau lakukan, diantaranya botol dari buku, buku terbakar, dan sinar ajaib. Tak lupa, Bunda Lika juga ikut membagikan dorprize kepada semua siswa. Alhamdulillah semua siswa mendapatkan dorprize.

Sungguh sangat berarti dan bermakna pengajian kali ini. Disamping bisa menjalin silaturahim, anak-anak juga mendapatkan ilmu baru yang bisa diambil dari kisah imam syafi’i. Semoga pengajian kali ini bisa memberikan tambahan semangat anak-anak 3D khususnya dan semua anak dalam menuntut ilmu dan meraih apa yang anak-anak impikan.
Terima kasih kepada kelompok 1 3D atas penyelenggaraan pengajian tunas mentari kali ini. Sampai berjumpa kembali di pengajian tunas mentari selanjutnya bersama kelas 3D Ammar bin Yasir. (azmzogza, 2022)

Video kisah Imam Syafi'i bisa dilihat melalui tautan di bawah ini

https://youtu.be/Au4zSFcW6bo

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
GENERASI EMAS ''SISTER SCHOOL'' WIBRAGA GOES TO NEGERI SINGA DAN JIRAN

SD Muhamamdiyah Wirobrajan 3 kembali melaksanakan Program Sister School yang sempat vakum karena Pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Pada 10-14 September 2023, SD Muhamamdiyah Wirobra

24/09/2023 18:03 - Oleh @Ratna - Dilihat 557 kali
Gema Isra Miraj SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Mendidik Siswa Menjadi Generasi Religius, Empati dan Sehat

SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menggelar acara peringatan Isra Miraj 1444 H pada Jum’at (17/02/2023). Ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan guna memeriahkan peringatan Isr

20/02/2023 23:54 - Oleh @Ratna - Dilihat 589 kali
SD Muh. Wirobrajan 3 Sukseskan Bulan Imunisasi

Manfaat BIAS adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, Rabu dan Kamis 22-24 November 2

25/11/2022 01:45 - Oleh @Ratna - Dilihat 999 kali
GENERASI EMAS WIBRAGA SIAP BERPRESTASI DAN BERKARAKTER

Menyambut Tahun Ajaran 2022/2023, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi 776 siswa yang terbagi menjadi 24 rombel.  Kegiat

20/07/2022 05:12 - Oleh @Ratna - Dilihat 1127 kali
KUOTA PPDB SD MUH. WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA TERCAPAI 100%

SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta sebagai salah satu Amal Usaha Muhammadiyah Favorit di Kota Yogyakarta.  Tahun Ajaran 2022/2023 ini sekolah membuka Pendaftaran Peserta Didik

09/07/2022 00:01 - Oleh @Ratna - Dilihat 1199 kali