• SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3
  • Wanna be better!

GENERASI EMAS ''SISTER SCHOOL'' WIBRAGA GOES TO NEGERI SINGA DAN JIRAN

SD Muhamamdiyah Wirobrajan 3 kembali melaksanakan Program Sister School yang sempat vakum karena Pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Pada 10-14 September 2023, SD Muhamamdiyah Wirobrajan 3 memberangkatkan sebanyak 35 siswa kelas 5 dan 6 serta empat guru pendamping berkunjung ke-2 Negara (Malaysia dan Singapura). Kegiatan SS ini berlangsung selama 5 hari.

Sister School menurut Rohimah, S.Pd merupakan program unggulan yang dimiliki SD Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagai sarana untuk mengasah kemandirian dan belajar budaya di sekolah yang sudah maju. Sister School yang diadakan SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta diadakan secara rutin setiap dua tahun. “Ini sudah tahun ketiga pelaksanaan Sister School dan terasa sangat istimewa karena dilaksanakan exclusive sendiri tanpa berbarengan dengan sekolah lain” ujar Kepala Sekolah.

Sister School adalah bagian dari kegiatan contextual learning dimana dalam kegiatan ini siswa belajar dengan empat model, learn to live together (belajar untuk hidup bersama), learn to know (belajar untuk mengetahui), learn to do (belajar untuk melakukan) dan learn to experience (belajar untuk mengalami).

Hari pertama, tiba di Singapura para siswa diajak berkunjung ke Jawel Change, Marlion Park, Gardens By the Bay, Bugis Street, Universal Studio, Sky Train Sentosa Island dan Pertunjukkan Wings of Time. Berlanjut hari-hari berikutnya, anak-anak diajak berkelililing ke Malaysia. Mengunjungi Boutique Coklat, Istana Bukit Serene, JPO, Batu Caves, Kuala Lumpur Galery, Legoland, Masjid Sultan Abu Bakar dan menaiki Genting Highland dengan Gondola Cable Car.

Di Malaysia para siswa mengikuti berbagai kegiatan baik yang bersentuhan langsung dengan sekolah tujuan maupun tugas-tugas mandiri diantaranya kunjungan ke SK Medini Johor Bahru Malaysia dan Sk Bandar Baru Seri Petaling KL Malaysia. Pembelajaran dikemas sederhana dan juga terasa menyenangkan karena pembelajaran lebih banyak yang outing class berbasis game. Selanjutnya para siswa Sister School diajak berkeliling sekolah bersama buddy/pendamping masing-masing. Sejumlah tarian dan lagu daerah dipertontonkan dalam menyambut kedatangan peserta Sister School.

      

Dipilihnya Sekolah Kebangsaan dalam kunjungan kali ini karena SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 bersiap menerima transfer ilmu misalnya tentang kedisiplinan siswa, kebersihan dan ketertiban di sekolah termasuk kebiasaan prilaku dan sopan santun bagi peserta didik dan kolaborasi kurikulum dari sekolah tersebut dimana harapannya bisa diterapkan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3.  

Sebagai ajang asah mental, para peserta Sister School SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menampilkan tiga buah lagu dan tari Wonderful Indonesia dihadapan Buddies, Siswa, Cikgu dan Guru Besar kurang lebih selama satu jam dan mendapat apresiasi meriah dari pelajar kedua sekolah dan dewan guru.

Perjalanan Sister School kali ini diakhiri dengan perjalanan menuju Twin Tower, Petronas dan Petrosains. Memasuki gerbang Petrosains 35 siswa Sister School tidak bisa berkata apa-apa dan tampak sumringah. "Petrosains, The Discovery Centre" adalah tempat yang interaktif, dan memukau, lengkap dengan permainan dan wahana mengasyikkan. Berfokus pada pengembangan sumber daya alam dan teknologi futuristik, pusat sains ini menawarkan pengalaman mengasyikkan dan edukatif bagi anak-anak. Mereka menjelajahi berbagai aktivitas dan atraksi seperti Dark Ride, Space, Geotime Diorama, Molecule Nano World, 3D Theatre, Tech Lab, dan lainnya. Di Petrosains anak-anak mengetahui dunia sains dan teknologi lebih dalam.

Setiba di Tanah Air peserta Sister School disambut hangat oleh seluruh Orang Tua Siswa beserta Keluarga dan Bapak Ibu Koordinator Bidang. Tangis haru bahagia menyambut kedatangan Generasi Emas Wibraga SS 3.

Ingin memiliki pengalaman seperti mereka?? Ayo Gabung bersama Sister School Wibraga…

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kunjungan SKBBSP KL MALAYSIA ke SD Muhammadiyah Wirobrajan 3

Pada tanggal 28 Februari 2024, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta mendapatkan kunjungan dari SK Bandar Baru Seri Petaling(SKBBSP), Kuala Lumpur, Malaysia. Sekolah yang biasanya dip

28/02/2024 17:36 - Oleh Jurnalis Cilik Wibraga - Dilihat 561 kali
PUNCAK MILAD WIBRAGA KE-53!

       Pada tanggal 28 Januari 2024, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 telah melaksanakan acara Puncak Milad yang ke - 53 di Gedung Siti Chodijah. Acara tersebut dimulai

28/01/2024 14:24 - Oleh Jurnalis Cilik Wibraga - Dilihat 383 kali
Ceria karnaval Hut Kota Jogja 2023

Pada tanggal 5 oktober 2023, SD muhammadiyah Wirobrajan 3 mengadakan karnaval dalam rangka memperingati ulang tahun Yogyakarta ke-267. Pada pukul 07.00 siswa dikumpulkan di lapangan unt

01/11/2023 16:47 - Oleh Jurnalis Cilik Wibraga - Dilihat 718 kali
Kerennya wibraga got’s talent di Jogja City Mall

Pada hari Rabu tanggal 11 Oktober 2023 pukul 15:00, Wibraga menunjukan talenta-talenta terbaiknya di Jogja City Mall. Suasana di sana terlihat cukup ramai penuh dengan antusias. Peserta

01/11/2023 16:39 - Oleh Jurnalis Cilik Wibraga - Dilihat 473 kali
Diklat Wawasan Kebhinekaan Global bagi Guru PPG

Pada hari Minggu, 22 Oktober 2023 kelas K1 - 115 - 220 - 2 - Kelas 003 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dijadwalkan untuk mengikuti Diklat Wawasan Kebhinekaan Global yang dinaungi oleh

24/10/2023 15:07 - Oleh Wening Widodo, S.Pd. - Dilihat 3710 kali