• SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3
  • Wanna be better!

PENGAJIAN RUTIN TUNAS MENTARI Kelompok 4 Kelas 5D periode April 2019, Manfaat dan Keburukan Gadget bagi Anak-Anak

Yogyakarta - sdmuhwirobrajan3.sch.id, Pengajian rutin “Tunas Mentari” kelas 5D SD Muhammadiyah Wibraga alhamdulillah telah terlaksana dengan khidmad dan lancar. Pengajian dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 April 2019 pada pukul 09.00 WIB di kediaman Ananda Jendra, yangmana dihadiri sekitar 50 wali murid beserta siswa kelas 5D.

Selain siswa beserta wali, pengajian ini juga dihadiri oleh Bapak Dadang selaku wali kelas 5D dan juga menghadirkan Bapak Gondo selaku pemateri sekaligus menampilkan permainan sulap. 

Acara pengajian dibuka oleh Ananda Sahla dan Talita selaku MC, dimulai dengan pembacaan ayat suci Al quran oleh ananda Risvan dan Saskya sebagai sari tilawah. Kemudian sambutan Ibu Ita selaku wali murid, dilanjutkan sambutan Bapak Dadang sebagai Wali Kelas.

 

Ayat yang dilantunkan adalah:

“Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (Qs. Al Anfal: 28)

“Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi.” (Qs. Al Munafiqun: 9)

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”  (Qs. An Nisa’: 9)

Acara inti pengajian disampaikan oleh Bapak Gondo yang bertemakan “Manfaat dan Keburukan Gadget bagi Anak-Anak”. Adapun selama penyampaian materi, anak-anak dan wali murid yang hadir mendapatkan selingan penampilan permainan sulap yang menarik dan juga ada pemberian doorprice bagi semua siswa dan wali murid yang beruntung menjawab pertanyaan.

 

Tema Materi: Manfaat dan Keburukan Gadget bagi Anak-Anak

Bahaya penggunaan gadget pada anak sebaiknya dihindari, dengan cara tidak membiarkan mereka terpapar teknologi tersebut secara berlebihan. Apalagi diberi hak kepemilikan saat usia mereka masih di bawah 12 tahun, karena bisa menghambat tumbuh kembang otak, mental, bahkan fisiknya.

Akademi Dokter Anak Amerika dan Perhimpunan Dokter Anak Kanada menegaskan, anak umur 0-2 tahun tidak boleh terpapar oleh teknologi sama sekali. Anak umur 3-5 tahun dibatasi menggunakan teknologi hanya satu jam per hari. Dan anak umur 6-18 tahun dibatasi 2 jam saja perhari.

Anak-anak dan remaja yang menggunakan teknologi melebihi batas waktu yang dianjurkan, memiliki risiko kesehatan serius yang bisa mematikan.

Berikut ini adalah 10 bahaya penggunaan gadget pada anak, yang bersumber dari berbagai penelitian. Sehingga bisa menjadi alasan kuat kenapa orangtua sebaiknya tidak memberikan gadget pada anak sebelum usia 12 tahun.

1.     Mengganggu pertumbuhan otak anak

2.     Tumbuh kembang yang lambat

3.     Obesitas

4.     Kurang tidur

5.     Kelainan mental

6.     Sifat agresif

7.     Kecanduan

8.     Pikun digital

9.     Radiasi emisi

10.   Proses belajar yang tidak berkelanjutan

Kesimpulannya adalah bagaimanapun teknologi tetap memiliki peran dalam membantu perkembangan anak, asalkan kita tahu batasannya. Setuju teman-teman??

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
GENERASI EMAS ''SISTER SCHOOL'' WIBRAGA GOES TO NEGERI SINGA DAN JIRAN

SD Muhamamdiyah Wirobrajan 3 kembali melaksanakan Program Sister School yang sempat vakum karena Pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu. Pada 10-14 September 2023, SD Muhamamdiyah Wirobra

24/09/2023 18:03 - Oleh @Ratna - Dilihat 540 kali
Gema Isra Miraj SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Mendidik Siswa Menjadi Generasi Religius, Empati dan Sehat

SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 menggelar acara peringatan Isra Miraj 1444 H pada Jum’at (17/02/2023). Ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan guna memeriahkan peringatan Isr

20/02/2023 23:54 - Oleh @Ratna - Dilihat 575 kali
SD Muh. Wirobrajan 3 Sukseskan Bulan Imunisasi

Manfaat BIAS adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, Rabu dan Kamis 22-24 November 2

25/11/2022 01:45 - Oleh @Ratna - Dilihat 987 kali
Kisah Imam Syafi’i. Kisah yang menarik untuk dikisahkan kepada anak-anak

Yogyakarta – 2022. Perdana, Kelas 3D Ammar bin Yasir, kelas yang sering disebut 3 D’Best, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta melaksanakan Pengajian Tunas Mentari. Kali

28/09/2022 21:19 - Oleh Septa Rismanto - Dilihat 1260 kali
GENERASI EMAS WIBRAGA SIAP BERPRESTASI DAN BERKARAKTER

Menyambut Tahun Ajaran 2022/2023, SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi 776 siswa yang terbagi menjadi 24 rombel.  Kegiat

20/07/2022 05:12 - Oleh @Ratna - Dilihat 1109 kali